KTNA Nasional Yakin Panen Tahun Ini Melimpah dan Indonesia Bakal Surplus Beras

Sugeng rawuh Bursa Kamera di Website Kami!

Bursakamera, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan akan terjadi peningkatan produksi beras pada Februari dan Maret 2024. KTNA Nasional Yakin Panen Tahun Ini Melimpah dan Indonesia Bakal Surplus Beras

Sebanyak 6,10 juta ton gabah kering giling (GKG) terjadi pada bulan Maret.

BACA JUGA: Kementerian Pertanian akan tingkatkan produksi beras dan jagung untuk swasembada pangan Kabar Gembira, BUMN Siap Buka Rekrutmen Besar-Besaran, Catat Tanggalnya!

Seperti diketahui, produk GKG Desember 2023 mencapai 1,58 juta ton menurut BPS pada Desember 2024, dan produk Januari 2024 sebanyak 2,42 juta ton.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum KTNA Yadi Sofyan Noor mengatakan peningkatan tersebut tidak lepas dari kerja sama semua pihak, terutama upaya pemerintah dalam memberikan bantuan dan berbagai bantuan masyarakat. semua area. secara umum.

BACA JUGA: Pasokan dan harga beras menjadi faktor kunci pengendalian inflasi

Yadi pun mengaku yakin jika hasil panen padi diubah menjadi beras akan terjadi surplus.

“Kalau urusan bercocok tanam hingga panen, tanggung jawab pemerintah selalu ada di pihak petani, oleh karena itu saya yakin panen tahun ini akan banyak dan surplus beras akan mulai terlihat di bulan Maret. “ucap Yadi.

BACA JUGA: Pakar Prediksi Produksi Beras Bakal Naik 1,5 Juta Ton di 2024, Masih Perlu Impor?

Yadi mengatakan, salah satu dampak perkembangan tersebut juga terlihat pada beralihnya cara pertanian dari pertanian tradisional ke pertanian modern.

Hal ini ditandai dengan kuatnya penggunaan mekanik sebagai penggerak produksi berkualitas tinggi. KTNA Nasional Yakin Panen Tahun Ini Melimpah dan Indonesia Bakal Surplus Beras

“Pemerintah juga ketat dalam pendistribusian benih dan pemberian pupuk yang cukup, dipastikan hasil panen juga akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang,” jelasnya.

Sebelumnya, Deputi BPS Amalia Widyasanti mengatakan berdasarkan konversi beras yang ditetapkan BPS pada tahun 2018, produksi beras nasional pada Januari-Maret 2024 sebesar 1,01 juta ton atau meningkat menjadi 1,54 juta ton dan meningkat menjadi 3,90 juta ton. ton.

Berdasarkan perkiraan tersebut, Indonesia akan mengalami surplus pada bulan Maret dan output meningkat pada bulan Februari, jelasnya. (mrk/jpnn)