Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Selamat datang Bursa Kamera di Situs Kami!

BALI – KREDIBALI merupakan sebuah inovasi pendidikan yang unik dan inspiratif. Diluncurkan pada Mei 2020 di Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali, KREDIBALI merupakan kegiatan pendidikan bahasa dan penciptaan literasi lingkungan. Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Program KREDIBALI menawarkan kursus bahasa Inggris khusus untuk anak-anak dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah (SMP). Tak Diduga! 5 Senjata Tradisional Indonesia Ini Mendunia

Namun yang membuat program ini menarik dan istimewa adalah metode yang digunakan. Mahasiswa yang ingin mengikuti kursus KREDIBALI dipersilakan membayar dengan sampah plastik yang dikumpulkan dari sampah rumah tangga.

Gede Andika merupakan penggerak terciptanya pendidikan literasi bahasa dan lingkungan di desa Pemuteran. Atas kiprahnya, Gede Andika mendapat penghargaan pada kategori khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi COVID-19 pada SATU (Semangat Astra Terpadu untuk) Indonesia Awards 2021.

Ide tersebut muncul sebagai respons terhadap pandemi COVID-19 yang membuat siswa tidak dapat belajar di sekolah. KREDIBALI bekerja sama dengan Plastic Exchange, sebuah organisasi nirlaba di Bali yang mengelola bank sampah.

Prosesnya juga sangat sederhana. Sampah plastik yang dikumpulkan siswa memiliki berat dalam kilogram. Sampah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik dan ditukar dengan beras.

Beras yang diperoleh dengan cara ini dibagikan kepada para lansia miskin di Desa Pemuteran. Distribusi dilakukan setelah meninjau kemajuan kompetensi setiap semester.

Di masa pandemi, KREDIBALI mampu menjalankan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak. Pemerintah desa Pemuteran juga memberikan dukungan yang besar, termasuk menyediakan ruang konferensi sebagai lokasi pembelajaran.

KREDIBALI tidak hanya memberikan kelas bahasa Inggris, namun juga mengedukasi anak-anak tentang pentingnya lingkungan melalui daur ulang sampah plastik.

Selain itu, kami juga menciptakan peluang untuk meningkatkan kesadaran sosial dengan menyediakan beras kepada kelompok kurang mampu. Dengan melibatkan anak sebagai pelajar, KREDIBALI secara tidak langsung memberikan pembelajaran kepada orang tua mengenai kebaikan dan empati. Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Program KREDIBALI merupakan contoh inspiratif bagaimana pendidikan dapat menjadi alat untuk membangun masa depan yang lebih baik, memadukan pembelajaran, kelestarian lingkungan, dan nilai sosial dalam satu paket khusus. Pemandu wisata Bali ditangkap polisi karena dicurigai memperkosa WNA Tionghoa Pemandu wisata Tionghoa Bali ditangkap polisi atas dugaan pemerkosaan Bursakamera 12 Februari 2024